Article Detail

YUK MENGENAL KEGIATAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK

Kegiatan seni rupa bagi anak TK selain berupa kegiatan menggambar, melukis, mencetak, mosaik, montase, kolase dapat juga diberikan pengenalan keterampilan melipat,menggunting dan menempel. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kecekatan,ketlatenan dan kreativitas anak dalam membuat aneka bentuk mainan, hiasan atau benda fungsional dari bahan kertas. Pengembangan kreativitas melipat,menggunting dan menempel juga diharpakan dapat difungsikan untuk mengembangkan kopentensi rasa seni dan keterampilan tangan anak TK sejalan dengan perkembangan seninya.

Melipat atau origami adalah suatu teknik berkarya sen/kerajina tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas, dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan,hiasan ,alat peraga dan bentuk kreasi lainnya. Bagi anak-anak usia taman kanak-kanak melipat merupakan salah satu bentuk kegiatan bermain kreatif yang menarik dan menyenangkan. Melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kopetensi pikir,imajinasi, rasa seni dan keterampilan anak.Secara khusus kegiatan melipat bertujuan untuk melatih daya ingatan, pengamatan, keterampilan tangan, mengembangkan daya fantasi, kreasi, ketelitian, kerapian dan perasaan keindahan.

Melipat dilakukan dengan cara mengubah lembaran kertas berbentuk bujur sangkar, empat persegi atau segitiga menurut arah atau pola lipatan tertentu secara bertahap sampai dihasilkan sustu model atau bentuk lipatan yang diinginkan. Seperti dalam kegiatan yang dilakukan anak-anak di TK B dalam kegiatan pembelajaran dengan tema tanaman, anak –anak diajak untuk berimajinasi dengan melipat membuat bnetuk bunga tulip.

Dalam kegiatan melipat kertas ini tidak semua anak dengan mudah melakukannya. Banyak anak-anak yang sering mengalami kegagalan dalam melakukan melipat, sehingga dalam tahap menyelesaikan anak-aak yang mengalami kegagalan mendapatkan pendampingan secara khusus dari guru. Hal ini dilakukan agar anak-anak tidak putus asa. *MM. Sri indarwati 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment