Article Detail

Pendidikan Karakter Tarakanita Bersama TK A Sint Carolus

Belajar daring di tengah merebaknya wabah covid 19 bukanlah hal yang menyenangkan bagi anak-anak maupun orangtua juga para guru di sekolah. Berbagai cara jitu diterapkan untuk membuat anak-anak tetap bersemangat mengikuti pembelajaran walaupun tidak bisa bertatap muka secara langsung.

Tidak ketinggalan pembelajaran PKT yang seharusnya dilakukan di sekolah pun tetap diterapkan di rumah bersama orangtua. Untuk kegiatan pembelajaran PKT di pertengahan semester dua yang dilakukan secara daring,para peserta didik secara istimewa langsung didampingi oleh orangtua di rumah.

Kebiasaan-kebiasaan baik di sekolah yang dilakukan oleh guru, pelaku pendidikan yang lain di sekolah, juga membantu anak-anak menginternalisasikan nilai-nilai dalam dirinya. Misalnya menghargai oranglain, disiplin waktu, menerima tanggung jawab, berbagi dengan teman, memberi perhatian kepada teman, dan lain-lain. Pada kesempatan PJJ kali ini, para siswa TK A lebih ditekankan untuk melaksanakan nilai Community, kejujuran dan KPKC.

Materi yang dilakukan ini merupakan kelanjutan dari materi yang diajarkan di sekolah sebelumnya. Hal sederhana yang dilakukan anak-anak di rumah adalah membantu pekerjaan rumah mulai dari merapikan tempat tidur, merapikan mainan sendiri, memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan prakarya sederhana serta memilah sampah organik dan anorganik untuk KPKC.

“Kami akan meminta kepada orangtua untuk meletakkan makanan kesukaan anak-anak di atas meja makan sejumlah anggota keluarga yang ada di rumah, kemudian orangtua akan melihat apakah anak mengambil makanan secukupnya atau berlebih. Ini akan menjadi  nilai kejujuran yang kami nilai dari anak-anak. Kemudian anak-anak akan menonton sebuah video singkat tentang nilai kejujuran yang sudah kami kirim ke orangtua masing-masing melalui wa’ demikian Miss Selly memberikan keterangan terkait penerapan nilai PKT yang dilakukan anak TK A.

 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment