Article Detail

Penggunaan IT dalam PJJ

Penggunaan IT (Microsoft Word) sebagai upaya Guru untuk  memberikan pelayanan mengajar lebih menarik dan tidak melulu menggunakan kertas dan pensil. Hal ini sudah dilakukan pada videocall hari Selasa, 20 April 2021 di rumah anak masing-masing.


Pembelajaran jarak jauh menjadi model pembelajaran yang menjadi pilihan satu-satunya di tengah pandemi Covid saat ini. Berbagai macam upaya yang dilakukan oleh sekolah demi memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik meskipun harus secara virtual.

Begitu pula dengan TK Sint Carolus Bengkulu, yang selalu berinovasi dalam bentuk pembelajaran yang diberikan salah satunya adalah video call group yang dilakukan seminggu sekali dengan pembagian kelompok dan waktu yang telah disepakati oleh guru dan orangtua.

Kegiatan video call group diisi dengan berbagai kegiatan seperti menulis, melipat, menggambar, dan menggambar. Dalam kegiatan video call group kali ini, Selasa, 20 April 2021, guru mengajarkan menulis huruf G, H, I, J.  Kegiatan diawali dengan menyapa anak, berdoa dan bernyanyi  lagu “ABC” untuk memotivasi dan mengajak anak untuk mengingat kembali alphabet melalui lagu.

Kemudian kegiatan menulis di awali dengan guru menuliskan huruf G dengan tool “pen”  pada program microsoft word dengan warna warni yang membuat anak tertarik dan mereka dengan semangat menebak huruf apa yang ditulisakn di word. Kemudian dari huruf tersebut, anak diajak untuk menulisan kata/ nama hewan yang huruf depannya adalah G dan guru menulisakan nama  “GAJAH” kemudian anak menirukan tulisan tersebut. Tidak hanya dapat menulisakan huruf dan kata saja, juga dapat menirukan suara dan warna binatang tersebut.


Dengan memberikan pembelajaran menulisa huruf menggunakan microsoft word ini, guru merasakan bahwa ada ketertarikan anak lebih dan dapat berinteraksi dengan lebih maksimal meskipun dengan memberikan pembelajaran menulis dengan kertas dan pensil juga dapat diikuti oleh peserta didik. 

-Ibu Marseli-

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment